Menentukan Latar Belakang Artikel

Nama: Rosita
Npm: 202246500652
Kelas: DKV R3I
Nama Dosen: Dr. Sn. Angga Kusuma Dawami M. Sn.

Latar Belakang

Film merupakan suatu karya yang sangat banyak diminati oleh kaum muda-mudi pada zaman sekarang. Selain itu juga film biasanya dijadikan sebagai suatu hiburan dikala penonton film mengalami stress di sela-sela aktivitasnya. Bahkan bisa pula dibilang bahwa film merupakan obat refreshing bagi sebagian banyak orang. Dibalik itu penayangan film itu sendiri mempunyai maksud dan tujuan tertentu. Seperti contoh film yang berisikan tentang keluarga biasanya ditujukan kepada para audiens yang sangat merindukan sosok keluarga. Dibalik itu juga keharmonisan sebuah keluarga, kenyamanan, dan kesupportan sang keluarga terhadapa satu sama lain. Tak luput dari itu film juga memiliki banyak genre jenisnya loh, terdapat film romantis, action, komedi, horor, dan lain sebagainya. Pada kesempatan kali ini pula kita akan membahas suatu film yang bertemakan dengan Horor, film apakah itu?

Sewu Dino. Yaps, judul film yang akan kita bahas adalah Sewu Dino. Film ini diangkat dari thread Twitter yang dimiliki oleh Simpleman. Thread ini cukup viral di Twitter hingga akhirnya ditayangkan menjadi suatu film horor yang ada di Indonesia. Film yang diperankan oleh Mikha Tambayong ini berdurasi sekitar 2 jam 1 menit. Pada film ini menceritakan tentang Sri (Mikha Tambayong) yang berada di tengah-tengah kesulitan ekonominya. Lalu ia menerima pekerjaan yang ditawarkan oleh keluarga Atmojo dengan bayaran yang bisa dibilang sangat fantastis, bahkan mungkin tidak akan ada yang menolak dengan tawaran gaji sebesar itu. Tetapi tidak dengan tugas yang harus dikerjakan. Ditempat ia bekerja Sri ditemani oleh kedua temannya yaitu Erna dan Dini. Mereka tinggal disebuah gubuk, lalu mereka mempunyai tugas yang sangat diluar nalar, yaitu memandikan Dela Atmojo yang merupakan cucu deri Mbah Karso Atmojo. Hm, sangat aneh bukan? Mereka harus melakukan tradisi dan cara-cara memandikan Dela dengan benar. Hingga hari ke-1000. Karena Dela dikenakan santet yang cukup sangat menyeramkan. Melihat kondisinya sangat naas. 

Hingga pada akhirnya, sebelum hari ke-1000, ternyata salah satu teman dari Sri ini merupakan pengkhianat, Erna. Erna merupakan istri dari pengirim santet kepada Dela. Kejanggalan-kejanggalan yang terjadi selama digubuk tersebut juga disebabkan oleh tingkah laku Erna yang memang berniat untuk menghancurkan proses pemadian Dela hingga hari ke-1000. Namun naas, Erna harus meninggal karena tidak sengaja terbunuh oleh Sri, tapi tidak perlu khawatir. Hari selanjutnya tepat pada hari ke-1000, Sri dan Dini berusaha bersama sama melakukan pemandian yang terakhir, dengan beberapa kejadian-kejadian aneh hingga akhirnya Sri berhasil menyelamatkan Dela. Dela pun selamat dari kutukan tersebut. Tetapi bukan akhir dari perfilman tersebut, Sri diberi uang yang cukup sangat banyak sebagai gaji dia karena berhasil melakukan proses pemandian Dela hingga selesai. Namun, Sri bukanlah gadis yang bodoh. Walaupun dia membutuhkan uang yang cukup banyak, tetapi dia menolak uang pemberian itu, karena jika ia masih menerima uang tersebut ia akan terus ada di bawah naungan keluarga Atmojo dan tidak akan bisa lepas atau keluar seperti Dini. 

Berdasarkan dari deskripsi secara singkat dari film Sewo Dino dapat diambil beberapa pesan yang dapat kita jalani sehari-hari. Mungkin bagi sebagian orang tidak percaya dengan santet ataupun kiriman-kiriman halus lainnya tetapi di beberapa tempat banyak yang masih mempercayai hal itu. Kita tidak bisa menghakimi seseorang untuk tidak percaya dengan santet ataupun kiriman itu. Selain itu juga kita bisa mengambil pesan yaitu jangan terlalu mudah terprovokasi atau mudah ikut terpengaruh. Bisa dilihat Sri yang sangat membutuhkan uang tetapi dia tau itu adalah suatu jalan yang salah, sebutuh-butuhnya beliau tetapi tetap tidak akan diambil uang pemberian dari keluarga Atmojo tersebut. Jadi jangan muda mengambil sesuatu tanpa berpikiran panjang.

Rumusan Masalah 
  1. Apa itu teori Mimesis dan apa hubungannya teori tersebut dengan Film Sewu Dino?
  2. Apa sesungguhnya arti dari Sewu Dino itu sendiri? Manfaat apa saja yang dapat diambil?
  3. Mengapa teori mimesis sangat relevan dalam menganalisis film ini? Berikan Alasannya dan sebutkan pula pesan yang dapat diambil dari Sewu Dino ini!
Tujuan Penelitian
  1. Mengetahui tentang asal usul film Sewu Dino.
  2. Mengetahui teori mimesis dan hubungannya dengan film Sewu Dino.
  3. Manfaat dari suatu perfilman.
  4. Mengetahui pesan yang dapat diambil dari film Sewu Dino.
  5. Mengetahui relevan atau tidaknya teori mimesis dalam penelitian film Sewu Dino.
Manfaat Penelitian
Adapun manfaat yang bisa kita ambil dari melakukan penelitian suatu Film yaitu, kita jadi tahu jelas tentang apa yang ada di dalam film tersebut, lalu kita juga tahu tentang alur ceritanya, tokoh, dll. Selain itu juga kita bisa belajar tentang cara melakukan penelitian yang baik dan benar. Mungkin selama ini kita masih kurang atau belum paham tentang penelitian namun karena dengan adanya tugas ini akan jadi tahu pula. Harapannya jugaa semoga dengan penelitian ini bisa membuat masyarakat lebih tau tentang adat atau tradisi yang ada walaupun wilayahnya sangat jauh dari tempat tinggal mereka.

Metode Penelitian

Metode yang akan saya gunakan dalam membuat artikel dari Film Sewu Dino ini adalah dengan melakukan metode kombinasi. Adapun metode kombinasi itu sendiri adalah metode gabungan dari metode kuantitatif dan juga metode kulitatif. Nantinya saya akan melalukan survei berdasarkan data yang ada dari sumber-sumber internet mengenai film yang akan saya kaji. Selain itu juga saya akan melakukan quisoner yang akan saya buat dalam suatu google form dengan tujuan kepada masyarakat khususnya si para remaja ataupun mahasiswa/i. Karena menurut pandangan saya dan sepengatahuan saya untuk pencinta film itu sendiri kebanyakan dari para remaja. Melalui metode yang akan saya gunakan tersebut saya berharapkan akan mendapatkan jawaban-jawaban dari data sumber yang sudah ada dan juga sudut pandang dari orang sekitar saya tentang film Sewu Dino ini. Seperti yang dapat kita ketahui setiap orang pastinya memiliki sudut pandang yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Nah maka dari itu, yuk kita nantikan jawaban dari sumber data yang ada dan sekeliling kita tentang film Sewu Dino ini. Penasaran? Nantikan selanjutnyaa!!!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa fungsi seni untuk diriku?

Menganalisis Karya Seni di Pekan Budaya Nasional

Teori Mimesis dan Teori Significant Form